PERLUNYA APLIKASI E-LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA KAMPUS IV YANG
BERBASIS PHP DAN MYSQL
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Pendidikan Bahasa Indonesia
Yang dibina oleh Bapak Dr.H. IMAM
BAEHAKI, M.Pd
Oleh
Agnes
Rossi Trisna Lestari
135150218113009
PTIIK
/ TI – A
UNIVERSITAS
BRAWIJAYA
PROGRAM
TEKNOLOGI INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER
JURUSAN
TEKNIK INFORMATIKA
2013
===========================================================
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan
rahmat-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah
dengan judul Perlunya Aplikasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa
Universitas Brawijaya Kampus IV Yang Berbasis PHP dan MySQL dengan lancar dan
tepat pada waktunya.
Pembuatan
Karya Ilmiah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas matakuliah Bahasa
Indonesia Program S1 Teknik Informatika,
Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyelesaian Karya Ilmiah ini antara lain :
1.
Bapak Dr. Imam Baehaki , M.Pd selaku
dosen pembimbing matakuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan pengarahan
dalam penyusunan Karya Ilmiah ini.
2.
Kedua orang tua yang telah memberikan doa, motivasi, materil
sehingga memperlancar proses penyusunan Karya Ilmiah ini.
3.
Teman-teman Program S1 Teknik
Informatika, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas
Brawijaya atas doa dan kerjasamanya.
4. Dan
seluruh pihak yang telah yang telah membantu
penyusunan Karya Ilmiah ini.
Akhir
kata, penulis berharap ada kritik
dan saran yang membangun supaya Karya Ilmiah ini
bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman Program S1 Teknik Informatika, Program
Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Kediri, 11 Desember 2013
Penulis
(
Agnes Rossi Trisna Lestari )
========================================================================
ABSTRAK
Lestari,Agnes
Rossi Trisna.2013. Perlunya
Aplikasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa Universitas
Brawijaya Kampus IV Yang Berbasis PHP dan MySQL.Dosen
Pembimbing :Dr.H. Imam Baihaki.
Aplikasi
e-Learning sudah dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database
MySQL. E-Learning mempermudah penyampaian informasi dan materi tanpa ada
batasan waktu dan tempat. Fasilitas yang ada pada aplikasi ini mempermudah
aktivitas pembelajaran antara dosen dan mahasiswa di Universitas Brawijaya
Kampus IV sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam
implementasinya E-learning bukan semata-mata hanya memindahkan sebuah
pembelajaran pada media elektronika / internet, tetapi e-learning adalah proses
pembelajaran yang dituangkan melalui teknologi internet. Agar pembelajaran
menyenangkan dalam perancangannya harus sederhana, personal dan cepat.
Komunikasi pembelajaran / pelatihan seperti layaknya pembelajaran konvensional.
Media pembelajaran secanggih apapun tidak akan bisa menggantikan peran dosen
sehingga penanaman nilai-nilai dan sentuhan kepribadian perlu juga dilakukan.
Dan disinilah tantangan bagi para mahasiswa supaya mampu memperkaya wawasan dan
pemahaman teknologi informasi khusunya teknologi internet tanpa harus
menghilangkan watak dan budaya bangsa yang luhur.
Kata kunci : E-Learning, PHP, MySQL
===========================================================
DAFTAR
ISI
JUDUL............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
ABSTRAK...................................................................................................... iii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iv
BAB I
PENDAHULUAN............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang........................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah....................................................................................... 3
1.3
Tujuan....................................................................................................... . 3
BAB
II PERLUNYA APLIKASI E-LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA KAMPUS IV YANG
BERBASIS PHP DAN MYSQL................................................................................................. 5
2.1 Definisi
e-Learning..................................................................................... 5
2.2 Definisi
PHP dan MySQL......................................................................... 5
2.3 Cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning......................................... 6
2.4 Realisasi e-Learning di Universitas Brawijaya
Kampus IV ...................... 12
2.5 Manfaat dari e-Learning
berbasis PHP dan MySQL bagi mahasiswa
Universitas Brawijaya Kampus IV............................................................ 12
2.6 Kelemahan penggunaan media belajar berbasis
e-Learning....................... 14
2.7 Tanggapan dosen atau pihak terkait dengan
perkembangan metode belajar dengan
menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL..................... 15
BAB III
PENUTUP...................................................................................... 15
3.1 Simpulan..................................................................................................... 16
3.2 Saran........................................................................................................... 16
DAFTAR RUJUKAN................................................................................... 17
========================================================================
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada saat ini kebutuhan untuk mengembangkan sistem
pendidikan dirasakan makin mendesak untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena
ditemukannya jaringan komputer global (Internet) yang menghubungkan setiap individu-individu
di dunia tanpa mempermasalahkan batas negara, waktu dan ruang. Dengan teknologi
baru ini maka diharapkan sistem pendidikan dapat lebih dikembangkan lagi untuk
menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang mengutamakan efisiensi di segala hal. Terutama
efisiensi biaya dan waktu. Teknologi internet juga dimanfaatkan untuk
mempermudah dan memperlancar proses belajar mengajar, sehingga dapat dikatakan
teknologi internet dapat meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Beberapa
bagian dari unsur pendidikan seperti unsur-unsur pendidik sebagai sumber
informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan
serta peserta didik itu sendiri mendapatkan sentuhan media teknologi informasi.
Marc
Jeffrey Rosenberg (2001:299), menyatakan bahwa : e-Learning merujuk pada pemanfaatan teknologi
internet untuk pemecahan masalah yang menyeluruh yang meningkatkan pengetahuan dan
kinerja. Jaya Kumar C. (2002), dalam makalahnya menyatakan e-Learning
sebagai berikut : e-Learning adalah suatu pengajaran dan pembelajaran
yang menggunakan rangkaian elektronik ( LAN,WAN, atau internet ) untuk
penyampaian isi materi dan interaksi. Soekartawi, Haryono dan Libero (2002:98)
mendefinisikan e-Learning sebagai berikut : e-Learning adalah sebuah
istilah umum untuk teknologi yang mendukung pembelajaran, seperti telepon,
audio dan video, teleconverence, transmisi satelit, dan web-based training atau
bantuan instruksi komputer. Menurut Turban, Rainer, Potter (2002:97)
e-Learning adalah pembelajaran elektronik yang didukung melalui web dan
dapat dilakukan di dalam kelas tradisional atau kelas virtual ( maya ). Sedangkan
menurut Turban, E, at al. (2004) dalam makalahnya menyatakan e-Learning
adalah pembelajaran secara online yang mengirimkan informasi untuk tujuan
pendidikan, pelatihan, atau manajemen pengetahuan.
Dalam hal ini internet adalah pencetus lahirnya ide
tentang pendidikan jarak jauh atau yang biasa disebut pendidikan online
atau e-learning (Electronic Learning). E-Learning merupakan salah
satu bentuk dari pendidikan jarak jauh (distance learning). Pendidikan jarak
jauh dapat didefinisikan sebagai sebuah proses belajar mengajar yang dirancang
dengan menggunakan berbagai macam teknologi, untuk menjangkau mahasiswa yang
berada di lain tempat, dan dirancang untuk mendorong terjadinya interaksi dari
mahasiswa.Salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi e-learning adalah Web
Based Learning (pendidikan berbasis website). Metode belajar dengan aplikasi ini menjembatani masalah pembelajaran
konvensional.
Pendidikan yang bersifat konvensional yang hanya dibatasi pada
pertemuan di Universitas saja tidak akan mengembangkan kemampuan dan
pengetahuan yang dimiliki oleh para mahasiswa. Waktu yang tersedia bagi bagi
para dosen dan mahasiswa untuk bertatap muka di ruang kelas sangat terbatas.
Selain itu proses penyampaian bahan ajar hampir sepenuhnya dilakukan di dalam
ruang kelas yang menyebabkan penyampaian bahan ajar bisa terlambat atau bahkan tidak
tersampaikan jika pertemuan tidak terjadi. Hal tersebut dapat membuat
perkembangan pelajar menjadi terhambat. Web Based Learning dapat menjembatani
dan mengatasi hambatan tersebut, karena dapat melayani pelajar dalam jumlah
banyak, waktu yang diperlukan relatif sedikit, proses pembelajaran yang
fleksibel, namun bahan ajar dapat diserap cukup efektif.
Dengan adanya karya
ilmiah Perlunya Aplikasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar
Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV Yang Berbasis PHP dan MySQL ini
diharapkan dapat mempermudah penyampaian informasi dan materi tanpa ada batasan
waktu dan tempat. Selain itu fasilitas yang ada pada aplikasi ini mempermudah
aktivitas pembelajaran antara dosen dan mahasiswa di Universitas Brawijaya
Kampus IV sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. E-learning dengan instruksional design mutakhir membuat mahasiswa
lebih mudah mengerti isi pelajaran. E-learning juga dapat mengurangi
biaya pendidikan dan pelatihan karena untuk memberikan bahan ajar kepada
mahasiswa dalam jumlah besar, institusi / Perguruan Tinggi tidak perlu
mengeluarkan biaya kelas, biaya transportasi dan berbagai biaya lain. Semoga siapa
saja yang membaca makalah ini akan tergugah dan bisa memunculkan
pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk mendesain dan mengimplementasikan
program meliputi download materi, tugas, kuis, dan forum diskusi terbuka bagi
dosen dan mahasiswa untuk saling berdiskusi.
1.1
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah diuraikan tersebut, maka rumusan masalah yang
dibahas adalah :
a. Apa
yang dimaksud dengan e-Learning ?
b. Apa
yang dimaksud dengan PHP dan MySQL ?
c. Bagaimana
cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning
?
d. Mengapa
e-Learning harus segera
terealisasikan di Universitas Brawijaya Kampus IV ?
e. Apa
manfaat dari e-Learning berbasis PHP
dan MySQL bagi mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV ?
f. Apa
kelemahan penggunaan media belajar berbasis e-Learning
ini ?
g. Bagaimana
tanggapan dosen atau pihak terkait dengan perkembangan metode belajar dengan
menggunakan media pembelajaran e-Learning
berbasis PHP dan MySQL ?
1.2
Tujuan
Dari rumusan masalah di atas, ada
beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan karya ilmiah ini, yaitu :
a. Untuk
mengetahui definisi dari e-Learning
b. Untuk
mengetahui definisi dari PHP dan MySQL
c. Untuk
mengetahui cara mengimplementasikan aplikasi
e-Learning di Universitas Brawijaya Kampus IV
d. Untuk
mengetahui alasan mengapa e-Learning harus segera terealisasikan
di Universitas Brawijaya Kampus IV
e. Untuk
mengetahui manfaat dari e-Learning berbasis PHP dan MySQL bagi
mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV
f. Untuk mengetahui kelemahan
penggunaan media belajar berbasis e-Learning di Universitas Brawijaya Kampus IV
g. Untuk
mengetahui tanggapan dosen atau pihak terkait dengan
perkembangan metode belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL
BAB II PERLUNYA
APLIKASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
KAMPUS IV YANG BERBASIS PHP DAN MYSQL
2.1
Definisi e-Learning
e-Learning
merupakan salah satu bentuk dari pendidikan jarak jauh e-Learning (Electronic Learning) merupakan suatu metode
pembelajaran yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke mahasiswa dengan menggunakan media
internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Untuk menyampaikan pembelajaran,
e-Learning selalu diidentikkan dengan
penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari
internet, intranet (Internal Network), CD, DVD, mp3, PDA, dan lain-lain.
Penggunaan
teknologi internet pada e-Learning
umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa
lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media
e-Learning sehingga biaya yang
disiapkan relatif lebih murah (Agustinus, 2001:67).
2.2
Definisi PHP dan MySQL
PHP
(PHP: Hypertext Preprocessor) merupakan salah satu dari bahasa pemrograman
berbasis website. PHP bersifat server-side programming, artinya kode PHP yang
ditulis akan dieksekusi di sisi server sehingga pengunjung tidak dapat melihat
source code dari skrip PHP yang dibangun.
Adapun proses
eksekusi kode PHP didalam sisi server ditunjukan oleh gambar berikut ini (Kadir
Abdul.2002:69)
DBMS
adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola, membuat,
menghapus, memasukan data, dan melakukan manajemen database lainnya. Salah satu
DBMS yang handal adalah MySQL. MySQL merupakan salah satu DBMS(Dababases
Management System) yang menggunakan stuktur database relasional (RDBMS).
MySQL
adalah sebuah database server, dapat juga berperan sebagai client sehingga
sering disebut database client/server, yang open source dengan kemampuan dapat
berjalan baik di OS (Operating Sistem) manapun, dengan Platform Windows maupun
Linux.
2.3 Cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning
Semua
data dan informasi yang digunakan dalam aplikasi e-Learning, baik mengenai materi e-Learning maupun data pemakai akan ditampung dalam satu basisdata.
Untuk menghindari terjadinya redundansi dan inkonsistensi, maka diperlukan
sebuah teknik perancangan basisdata yang baik dan efisien. Perancangan
basisdata menjadi kebutuhan yang mutlak diperlukan jika diterapkan pada sistem
yang kompleks dan harus membangun basisdata yang besar (baik dari sisi jumlah
tabel yang terlibat dan volume data dari masing-masing tabel). (Purwanto Yudhi. 2001:177)
Perancangan
basis data yang baik dan efisien dilaksanakan dengan menerapkan sejumlah teori
terhadap data (fakta) yang dimiliki. Pembentukan basis data sebagai sebuah
hasil perancangan yang matang akan memberikan sejumlah karakteristik dan
keuntungan seperti :
a. Struktur
basis data (tabel-tabel dan relasi antar tabel) yang lebih kompak
b. Struktur
masing-masing tabel yang lebih efisien.
c. Kebutuhan
ruang penyimpanan data (memori sekunder) yang lebih efisien
d. Semakin
kecil ukuran tabel, maka akan semakin cepat operasi basisdata.
e. Tidak
ada ambiguitas data di semua table dalam basisdata
Cara
penyampaian materi dengan e-learning dibedakan menjadi dua yaitu komunikasi
satu arah dan dua arah. Untuk pembelajaran interaktif menggunakan jenis
komunikasi dua arah, untuk membangun
interaksi yang baik antara dosen dan mahasiswa sebaiknya jenis ini yang
dipilih. Dalam e-learning sistem dua arah ini juga bisa diklasifikasikan
menjadi dua yaitu :
1. Synchronous
Training / learning berarti pada waktu yang sama. Proses pembelajaran terjadi
dalam real time antara dosen dan mahasiswa. Kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan dengan menggunakan
interaksi langsung antara dosen dan mahasiswa baik melalui internet maupun
intranet. Pelatihan / pembelajaran e-learning synchronous banyak digunakan
seminar/ konferensi di ruang kelas atau kuliah online.
2. Asynchronous
Training yang berarti pada waktu yang tidak bersamaan. Pelatihan / pembelajaran
berupa paket dapat dijalankan dengan komputer ditempat yang tidak terbatas
tanpa melibatkan interaksi dengan pengajar. Peserta pelatihan / peserta didik
dapat memulai dan menyelesaikan pelajaran setiap saat. Paket pelajaran
berbentuk bacaan dengan animasi, simulasi, permainan edukatif, maupun latihan
dengan disediakan jawaban.
Agar e-learning
menarik dan dapat memberikan dampak peningkatan kualitas pembelajaran ada 3
syarat yang harus dipenuhi pada perancangan, antara lain :
1. Sederhana,
sistem sederhana, instruksi mudah diikuti, panel yang disediakan mudah
dikenali, menu dengan navigasi yang mudah diikuti dapat menjadikan waktu
belajar lebih efisien.
2. Personal,
pengajar / dosen interaksi dosen dan mahasiswa dibangun secara baik layaknya berkomunikasi
di depan kelas. Pendekatan interaksi yang lebih personal, peserta didik diperhatikan
kemajuannya serta dibantu segala persoalan yang dihadapi.
3. Cepat,
layanan yang ditunjang dengan kecepatan, respon yang cepat terhadap kebutuhan
peserta didik. E-learning dibangun
dengan tetap memperhatikan prinsip pembelajaran konvensional hanya materi
dipindahkan ke dalam sistem digital melalui internet. Dalam penyusunan materi
harus tetap memperharikan unsur-unsur pembelajaran seperti perumusan tujuan
harus operasional dan dapat diukur, ada apersepsi atau pre-test, membangkitkan
motivasi, menggunakan bahasa yang komunikatif, uraian materi yang jelas,
contoh-contoh konkrit, problem solving, Tanya jawab, diskusi, post test sampai
penugasan dan kegiatan 6 tindak lanjutnya. Oleh karena itu merancang e-learning perlu melibatkan pihak
terkait, anatar lain: pengajar, ahli materi, ahli komunikasi, programmer,
seniman dan lain-lain.
Sistem
e-learning ini terdapat tiga
tingkatan user yaitu mahasiswa, dosen dan administrator. Berikut adalah
implementasi program untuk ketiga tingkatan user atau halaman yang dapat
diakses oleh masing-masing user.
Halaman Index dan Halaman Mahasiswa
Halaman Beranda Mahasiswa
Halaman Materi
Halaman Soal
Ujian untuk Setiap Bab Materi
Halaman Edit Profil Mahasiswa
Halaman Dosen
Halaman Daftar Materi
Halaman Upload Soal Tugas
Halaman Beranda Administor
2.4 Realisasi e-Learning di Universitas Brawijaya Kampus IV
e-Learning
harus segera terealisasikan di Universitas Brawijaya Kampus IV supaya suatu metodologi
instruksional dapat memberikan dukungan pada peningkatan kualitas belajar mahasiswa
agar tidak lagi tergantung oleh kebutuhan ruang, waktu serta kebutuhan lain
yang ditemukan pada proses pendidikan formal yang berlaku selama ini. Metode
ini akan dijadikan proses belajar mengajar yang dirancang dengan menggunakan berbagai
macam teknologi, untuk menjangkau mahasiswa yang berada di lain tempat dan
dirancang untuk mendorong terjadinya interaksi dari mahasiswa dengan berbekal
bahasa pemrograman PHP dan MySQL bagi perancang sistem e-learningnya.
2.5 Manfaat dari e-Learning berbasis PHP dan
MySQL bagi mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV
Dengan
adanya e-learning di Universitas
Brawijaya Kampus IV para dosen/instruktur akan lebih mudah :
1. Melakukan
pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan
tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
2. Mengembangkan
diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
3. Mengontrol
kegiatan belajar mahasiswa.
Bila
dibandingkan pembelajaran atau pelatihan dengan cara konvensional, e-learning
mempunyai manfaat yang cukup signifikan terhadap mahasiswa Universitas
Brawijaya Kampus IV, antara lain :
a. Ekonomis
E-learning
dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan karena untuk memberikan bahan
ajar kepada mahasiswa dalam jumlah besar, institusi / Perguruan Tinggi tidak
perlu mengeluarkan biaya kelas, biaya transportasi dan berbagai biaya lain. Namun diperlukan
pengelola pelatihan yang matang, karena manajemen e-learning yang tidak tepat dapat membuat biaya pelatihan justru semakin
membengkak.
a. Fleksibilitas
tinggi
Mahasiswa dapat belajar
kapan dan dimana saja, dengan kecepatan pembelajaran sesuai dengan
kemampuannya.
b. Personalisasi
Mahasiswa dapat belajar
sesuai dengan kemampuan belajar mereka. Bila belum mengerti dapat memperlambat
penjelasan atau mengulang suatu materi dan sebaliknya jika mahasiswa dapat
mengerti dengan cepat, maka dapat menyelesaikan mata kuliah tersebut dengan
cepat.
c. Standarisasi
kualitas pelatihan
Pembelajaran setiap
dosen / instruktur cenderung memiliki cara mengajar, materi presentasi dan
penguasaan materi yang berbeda sehingga kualitas pengajaran yang didapatpun
tidak konsisten, akan tetapi E-learning
mampu meminimalkan perbedaan cara mengajar dan materi sehingga memberikan
standar kualitas pembelajaran yang lebih konsisten.
d. Efektivitas
E-learning
dengan instruksional design mutakhir membuat mahasiswa lebih mudah mengerti isi
pelajaran. Efektivitas bahan ajar melalui metode e-learning umumnya meningkat. Suatu studi oleh J.D. Flecher
menunjukkan bahwa tingkat resistensi dan aplikasi pelajaran melalui metode e-learning meningkat 25% dibandingkan
dengan pembelajaran yang menggunakan cara konvensional.
e. Kecepatan
distribusi materi akan meningkat
Karena materi tersebut dapat dengan
cepat diakses melalui internet. Keuntungan ini sangat cocok untuk kondisi
geografis Indonesia, khususnya di Universitas Brawijaya Kampus IV.
g. Ketersediaan On-Demand
E-learning
dapat sewaktu-waktu diakses sehingga dapat membantu pekerjaan setiap saat.
h. Otomatisasi
Proses Animasi
LMS (Learning
Management System) berfungsi untuk menyimpan data – data mahasiswa, pelajaran
dan proses pembelajaran yang berlangsung. Dengan LMS yang baik dapat menyimpan
dan membuat laporan kegiatan belajar mahasiswa dari pelajaran yang diambil,
tanggal akses, berapa persen pelajaran yang diselesaikan, berapa lama pelajaran
diikuti, sampai berapa hasil tes akhir yang telah diambil.
2.6 Kelemahan penggunaan media belajar berbasis
e-Learning
Walaupun
e-learning banyak menawarkan
keuntungan, dalam prakteknya memliki beberapa keterbatasan yang harus
diwaspadai, antara lain:
a. Budaya
Pemanfaatan e-learning membutuhkan budaya belajar
mandiri dan kebiasaan untuk belajar. Sedangkan sebagian besar pelatihan di Indonesia
motivasi belajar masih tergantung pada instruktur.
b. Investasi
Walupun e-learning pada akhirnya dapat menghemat
biaya pengajaran dan pelatihan, akan tetapi memerlukan investasi yang sangat
besar pada tahap awalnya, sehingga jika tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan
kerugian yang besar.
c. Teknologi
dan Infrastruktur
E-learning
membutuhkan perangkat komputer jaringan yang handal dan teknologi yang tepat.
Akan tetapi ketersediaan infrastruktur dan teknologi ini masih belum memadai
bagi beberapa Perguruan Tinggi / Lembaga.
d. Desain
Materi
Penyampaian materi melalui e-learning perlu dikemas
dalam bentuk yang learnic-centric. Saat ini masih sangat sedikit instructional designer
yang berpengalaman dalam membuat suatu paket pembelajaran e-learning yang
memadai. Seringkali hambatan dan keterbatasan e-learning tersebut membuat
impelementasi e-learning di Indonesia berjalan dengan sangat lamban. Walaupun
terdapat keterbatasan dan hambatan di Indonesia, penerapan e-learning di dunia,
termasuk di negara-negara tetangga terus melaju pesat. (Tri Wahyono. 2009:90). Para praktisi pengajaran dan pelatihan di
dunia sudah tidak meragukan akan meledaknya penggunaan e-learning
di dunia pendidikan, mereka hanya tinggal menunggu waktunya.
2.7 Tanggapan dosen atau pihak terkait dengan
perkembangan metode belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning
berbasis PHP dan MySQL
Sebagian
besar dosen di Universitas Brawijaya Kampus IV mendukung adanya program belajar
dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning
berbasis PHP dan MySQL, mereka memfasilitasi program ini dengan menambah
bandwith agar koneksi jaringan semakin lancar. Selain itu penggunaan media
pembelajaran e-Learning berbasis PHP
dan MySQL ini di rasakan sangat membantu dalam proses pemberian materi dan
informasi kepada mahasiswanya. Para dosen atau pihak terkait mempunyai suatu
harapan bahwa secepatnya e-Learning akan
menjadi sarana sharing knowledge antara dosen dan mahasiswanya.
==================================================================
BAB III PENUTUP
1.1 Simpulan
Simpulan dari uraian pembahasan di atas, bahwa aplikasi e-Learning
sudah dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. E-Learning
mempermudah penyampaian informasi dan materi tanpa ada batasan waktu dan
tempat. Fasilitas yang ada pada aplikasi ini mempermudah aktivitas pembelajaran
antara dosen dan mahasiswa di Universitas Brawijaya Kampus IV sehingga dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Dalam implementasinya E-learning bukan semata-mata hanya
memindahkan sebuah pembelajaran pada media elektronika / internet, tetapi
e-learning adalah proses pembelajaran yang dituangkan melalui teknologi
internet. Agar pembelajaran menyenangkan dalam perancangannya harus sederhana,
personal dan cepat. Komunikasi pembelajaran / pelatihan seperti layaknya
pembelajaran konvensional.
Media pembelajaran secanggih apapun tidak akan bisa menggantikan peran
dosen sehingga penanaman nilai-nilai dan sentuhan kepribadian perlu juga
dilakukan. Dan disinilah tantangan bagi para mahasiswa supaya mampu memperkaya
wawasan dan pemahaman teknologi informasi khusunya teknologi internet tanpa
harus menghilangkan watak dan budaya bangsa yang luhur.
1.2 Saran
1.
Penggunaan
sistem ini harus selalu dievaluasi dengan mengujicobakan pada kondisi nyata
yang benar-benar memanfaatkan sistem ini untuk membantu kegiatan-kegiatan
perkuliahan di Universitas Brawijaya Kampus IV.
2.
Sistem ini
perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.
3.
Masih ada
fasilitas yang bisa ditambahkan untuk membuat E-Learning tampak interaktif
dan komunikatif. Sebagai contoh adalah fasilitas chat, forum, video conference
dan mailing list.
DAFTAR RUJUKAN
Abdur, Karir. 2002 . Sistem E-Learning Berbasis
Web Untuk Mendukung Kegiatan Perkuliahan. Institut Teknologi Bandung,
Michael, Agustinus. 2001. E- Learning is Best Education for The
Success IT. Amsterdam : Zeitung.
Peranginangin, Kasiman. 2006. Aplikasi WEB
Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Andi.
Purbo, Onno W. 2002. Konferensi Video Melalui
Internet. Yogyakarta: Andi .
Soekrtawi, Haryono dn Libero. 2002. Reinventing
Eduction .Los Angels : Remarsk Agency
Wahyono, Tri. 2009. Dengan E-Learning Book,
Belajar Bisa di Mana Saja. Jawa Pos (Senin, 29 Desember 2009, hal 3)
URL : 2010.Fuadi .
Abdulloh. http://www.petere-pembelajaran-jarak-jauh/php/bahasa/php.net [ 27 November 2013]
Yudhi Purwanto,. 2001. Pemrograman Web Dengan
PHP. Jakarta : Elex Media Komputindo, Gramedia.
========================================================================
** SEMOGA BERMANFAAT **
0 komentar:
Post a Comment