Monday, September 22, 2014

Makalah Perlunya APLIKASI E-LEARNING

PERLUNYA APLIKASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA KAMPUS IV YANG BERBASIS PHP DAN MYSQL

Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Pendidikan Bahasa Indonesia
Yang dibina oleh Bapak Dr.H. IMAM BAEHAKI, M.Pd



Oleh
Agnes Rossi Trisna Lestari
135150218113009
PTIIK / TI – A

UNIVERSITAS BRAWIJAYA
PROGRAM TEKNOLOGI INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

2013




===========================================================

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah dengan judul Perlunya Aplikasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV Yang Berbasis PHP dan MySQL dengan lancar dan tepat pada waktunya.
Pembuatan Karya Ilmiah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas matakuliah Bahasa Indonesia  Program S1 Teknik Informatika, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian Karya Ilmiah ini antara lain :
1.      Bapak Dr. Imam Baehaki , M.Pd selaku dosen pembimbing matakuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan pengarahan dalam penyusunan Karya Ilmiah ini.
2.      Kedua orang tua  yang telah memberikan doa, motivasi, materil sehingga memperlancar proses penyusunan Karya Ilmiah ini.
3.      Teman-teman Program S1 Teknik Informatika, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya atas doa dan kerjasamanya.
4.      Dan seluruh pihak yang telah yang telah membantu  penyusunan Karya Ilmiah ini.
Akhir kata, penulis berharap ada kritik dan saran yang membangun supaya Karya Ilmiah ini bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman Program S1 Teknik Informatika, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.

Kediri, 11 Desember 2013

Penulis
( Agnes Rossi Trisna Lestari )


========================================================================


ABSTRAK

Lestari,Agnes Rossi Trisna.2013. Perlunya Aplikasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV Yang Berbasis PHP dan MySQL.Dosen Pembimbing :Dr.H. Imam Baihaki.

Aplikasi e-Learning sudah dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. E-Learning mempermudah penyampaian informasi dan materi tanpa ada batasan waktu dan tempat. Fasilitas yang ada pada aplikasi ini mempermudah aktivitas pembelajaran antara dosen dan mahasiswa di Universitas Brawijaya Kampus IV sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam implementasinya E-learning bukan semata-mata hanya memindahkan sebuah pembelajaran pada media elektronika / internet, tetapi e-learning adalah proses pembelajaran yang dituangkan melalui teknologi internet. Agar pembelajaran menyenangkan dalam perancangannya harus sederhana, personal dan cepat. Komunikasi pembelajaran / pelatihan seperti layaknya pembelajaran konvensional. Media pembelajaran secanggih apapun tidak akan bisa menggantikan peran dosen sehingga penanaman nilai-nilai dan sentuhan kepribadian perlu juga dilakukan. Dan disinilah tantangan bagi para mahasiswa supaya mampu memperkaya wawasan dan pemahaman teknologi informasi khusunya teknologi internet tanpa harus menghilangkan watak dan budaya bangsa yang luhur. 

Kata kunci : E-Learning, PHP, MySQL




===========================================================
DAFTAR ISI

JUDUL............................................................................................................   i
KATA PENGANTAR...................................................................................   ii
ABSTRAK...................................................................................................... iii
DAFTAR ISI..................................................................................................  iv

BAB I  PENDAHULUAN.............................................................................   1
1.1 Latar Belakang...........................................................................................   1
1.2 Rumusan Masalah.......................................................................................   3
1.3 Tujuan....................................................................................................... .  3

BAB II  PERLUNYA APLIKASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA KAMPUS IV YANG BERBASIS PHP DAN MYSQL................................................................................................. 5
2.1 Definisi e-Learning..................................................................................... 5
2.2 Definisi PHP dan MySQL......................................................................... 5
2.3 Cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning......................................... 6
2.4 Realisasi e-Learning di Universitas Brawijaya Kampus IV ...................... 12
2.5 Manfaat dari e-Learning berbasis PHP dan MySQL bagi mahasiswa
Universitas Brawijaya Kampus IV............................................................ 12
2.6 Kelemahan penggunaan media belajar berbasis e-Learning....................... 14
2.7 Tanggapan dosen atau pihak terkait dengan perkembangan metode belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL..................... 15

BAB III  PENUTUP...................................................................................... 15
3.1 Simpulan..................................................................................................... 16
3.2 Saran........................................................................................................... 16
DAFTAR RUJUKAN................................................................................... 17

========================================================================

BAB I  PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pada saat ini kebutuhan untuk mengembangkan sistem pendidikan dirasakan makin mendesak untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena ditemukannya jaringan komputer global (Internet) yang menghubungkan setiap individu-individu di dunia tanpa mempermasalahkan batas negara, waktu dan ruang. Dengan teknologi baru ini maka diharapkan sistem pendidikan dapat lebih dikembangkan lagi untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang mengutamakan efisiensi di segala hal. Terutama efisiensi biaya dan waktu. Teknologi internet juga dimanfaatkan untuk mempermudah dan memperlancar proses belajar mengajar, sehingga dapat dikatakan teknologi internet dapat meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Beberapa bagian dari unsur pendidikan seperti unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri mendapatkan sentuhan media teknologi informasi.
Marc Jeffrey Rosenberg (2001:299), menyatakan bahwa : e-Learning merujuk pada pemanfaatan teknologi internet untuk pemecahan masalah yang menyeluruh yang meningkatkan pengetahuan dan kinerja. Jaya Kumar C. (2002), dalam makalahnya menyatakan e-Learning sebagai berikut : e-Learning adalah suatu pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik ( LAN,WAN, atau internet ) untuk penyampaian isi materi dan interaksi. Soekartawi, Haryono dan Libero (2002:98) mendefinisikan e-Learning sebagai berikut : e-Learning adalah sebuah istilah umum untuk teknologi yang mendukung pembelajaran, seperti telepon, audio dan video, teleconverence, transmisi satelit, dan web-based training atau bantuan instruksi komputer. Menurut Turban, Rainer, Potter (2002:97) e-Learning adalah pembelajaran elektronik yang didukung melalui web dan dapat dilakukan di dalam kelas tradisional atau kelas virtual ( maya ). Sedangkan menurut Turban, E, at al. (2004) dalam makalahnya menyatakan e-Learning adalah pembelajaran secara online yang mengirimkan informasi untuk tujuan pendidikan, pelatihan, atau manajemen pengetahuan.
Dalam hal ini internet adalah pencetus lahirnya ide tentang pendidikan jarak jauh atau yang biasa disebut pendidikan online atau e-learning (Electronic Learning). E-Learning merupakan salah satu bentuk dari pendidikan jarak jauh (distance learning). Pendidikan jarak jauh dapat didefinisikan sebagai sebuah proses belajar mengajar yang dirancang dengan menggunakan berbagai macam teknologi, untuk menjangkau mahasiswa yang berada di lain tempat, dan dirancang untuk mendorong terjadinya interaksi dari mahasiswa.Salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi e-learning adalah Web Based Learning (pendidikan berbasis website). Metode belajar dengan aplikasi ini menjembatani masalah pembelajaran konvensional.
Pendidikan yang bersifat konvensional yang hanya dibatasi pada pertemuan di Universitas saja tidak akan mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh para mahasiswa. Waktu yang tersedia bagi bagi para dosen dan mahasiswa untuk bertatap muka di ruang kelas sangat terbatas. Selain itu proses penyampaian bahan ajar hampir sepenuhnya dilakukan di dalam ruang kelas yang menyebabkan penyampaian bahan ajar bisa terlambat atau bahkan tidak tersampaikan jika pertemuan tidak terjadi. Hal tersebut dapat membuat perkembangan pelajar menjadi terhambat. Web Based Learning dapat menjembatani dan mengatasi hambatan tersebut, karena dapat melayani pelajar dalam jumlah banyak, waktu yang diperlukan relatif sedikit, proses pembelajaran yang fleksibel, namun bahan ajar dapat diserap cukup efektif.
Dengan adanya karya ilmiah Perlunya Aplikasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV Yang Berbasis PHP dan MySQL ini diharapkan dapat mempermudah penyampaian informasi dan materi tanpa ada batasan waktu dan tempat. Selain itu fasilitas yang ada pada aplikasi ini mempermudah aktivitas pembelajaran antara dosen dan mahasiswa di Universitas Brawijaya Kampus IV sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. E-learning dengan instruksional design mutakhir membuat mahasiswa lebih mudah mengerti isi pelajaran. E-learning juga dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan karena untuk memberikan bahan ajar kepada mahasiswa dalam jumlah besar, institusi / Perguruan Tinggi tidak perlu mengeluarkan biaya kelas, biaya transportasi dan berbagai biaya lain. Semoga siapa saja yang membaca makalah ini akan tergugah dan bisa memunculkan pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk mendesain dan mengimplementasikan program meliputi download materi, tugas, kuis, dan forum diskusi terbuka bagi dosen dan mahasiswa untuk saling berdiskusi.
  
1.1    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan tersebut, maka rumusan masalah yang dibahas adalah :
a.       Apa yang dimaksud dengan e-Learning ?
b.      Apa yang dimaksud dengan PHP dan MySQL ?
c.       Bagaimana cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning ?
d.      Mengapa e-Learning harus segera terealisasikan di Universitas Brawijaya Kampus IV ?
e.       Apa manfaat dari e-Learning berbasis PHP dan MySQL bagi mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV ?
f.       Apa kelemahan penggunaan media belajar berbasis e-Learning ini ?
g.      Bagaimana tanggapan dosen atau pihak terkait dengan perkembangan metode belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL ?

1.2    Tujuan
Dari rumusan masalah di atas, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan karya ilmiah ini, yaitu :
a.       Untuk mengetahui definisi dari e-Learning
b.      Untuk mengetahui definisi dari PHP dan MySQL
c.   Untuk mengetahui cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning di Universitas Brawijaya     Kampus IV
d.  Untuk mengetahui alasan mengapa e-Learning harus segera terealisasikan di Universitas  Brawijaya Kampus IV
e. Untuk mengetahui manfaat  dari e-Learning berbasis PHP dan MySQL bagi mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV
f.  Untuk mengetahui kelemahan penggunaan media belajar berbasis e-Learning di Universitas Brawijaya Kampus IV
g.  Untuk mengetahui tanggapan dosen atau pihak terkait dengan perkembangan metode belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL

BAB II  PERLUNYA APLIKASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA KAMPUS IV YANG BERBASIS PHP DAN MYSQL
2.1    Definisi e-Learning
e-Learning merupakan salah satu bentuk dari pendidikan jarak jauh e-Learning (Electronic Learning) merupakan suatu metode pembelajaran yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke mahasiswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Untuk menyampaikan pembelajaran, e-Learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet (Internal Network), CD, DVD, mp3, PDA, dan lain-lain.
Penggunaan teknologi internet pada e-Learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-Learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah (Agustinus, 2001:67).
2.2    Definisi PHP dan MySQL
PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) merupakan salah satu dari bahasa pemrograman berbasis website. PHP bersifat server-side programming, artinya kode PHP yang ditulis akan dieksekusi di sisi server sehingga pengunjung tidak dapat melihat source code dari skrip PHP yang dibangun.
Adapun proses eksekusi kode PHP didalam sisi server ditunjukan oleh gambar berikut ini (Kadir Abdul.2002:69)

DBMS adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola, membuat, menghapus, memasukan data, dan melakukan manajemen database lainnya. Salah satu DBMS yang handal adalah MySQL. MySQL merupakan salah satu DBMS(Dababases Management System) yang menggunakan stuktur database relasional (RDBMS).
MySQL adalah sebuah database server, dapat juga berperan sebagai client sehingga sering disebut database client/server, yang open source dengan kemampuan dapat berjalan baik di OS (Operating Sistem) manapun, dengan Platform Windows maupun Linux.

2.3    Cara mengimplementasikan aplikasi e-Learning
Semua data dan informasi yang digunakan dalam aplikasi e-Learning, baik mengenai materi e-Learning maupun data pemakai akan ditampung dalam satu basisdata. Untuk menghindari terjadinya redundansi dan inkonsistensi, maka diperlukan sebuah teknik perancangan basisdata yang baik dan efisien. Perancangan basisdata menjadi kebutuhan yang mutlak diperlukan jika diterapkan pada sistem yang kompleks dan harus membangun basisdata yang besar (baik dari sisi jumlah tabel yang terlibat dan volume data dari masing-masing tabel). (Purwanto Yudhi. 2001:177)
Perancangan basis data yang baik dan efisien dilaksanakan dengan menerapkan sejumlah teori terhadap data (fakta) yang dimiliki. Pembentukan basis data sebagai sebuah hasil perancangan yang matang akan memberikan sejumlah karakteristik dan keuntungan seperti :
a.       Struktur basis data (tabel-tabel dan relasi antar tabel) yang lebih kompak
b.      Struktur masing-masing tabel yang lebih efisien.
c.       Kebutuhan ruang penyimpanan data (memori sekunder) yang lebih efisien
d.      Semakin kecil ukuran tabel, maka akan semakin cepat operasi basisdata.
e.       Tidak ada ambiguitas data di semua table dalam basisdata
Cara penyampaian materi dengan e-learning dibedakan menjadi dua yaitu komunikasi satu arah dan dua arah. Untuk pembelajaran interaktif menggunakan jenis komunikasi dua arah, untuk  membangun interaksi yang baik antara dosen dan mahasiswa sebaiknya jenis ini yang dipilih. Dalam e-learning sistem dua arah ini juga bisa diklasifikasikan menjadi dua yaitu :
1.      Synchronous Training / learning berarti pada waktu yang sama. Proses pembelajaran terjadi dalam real time antara dosen dan mahasiswa. Kegiatan seperti  ini dapat diselenggarakan dengan menggunakan interaksi langsung antara dosen dan mahasiswa baik melalui internet maupun intranet. Pelatihan / pembelajaran e-learning synchronous banyak digunakan seminar/ konferensi di ruang kelas atau kuliah online.
2.      Asynchronous Training yang berarti pada waktu yang tidak bersamaan. Pelatihan / pembelajaran berupa paket dapat dijalankan dengan komputer ditempat yang tidak terbatas tanpa melibatkan interaksi dengan pengajar. Peserta pelatihan / peserta didik dapat memulai dan menyelesaikan pelajaran setiap saat. Paket pelajaran berbentuk bacaan dengan animasi, simulasi, permainan edukatif, maupun latihan dengan disediakan jawaban.
Agar e-learning menarik dan dapat memberikan dampak peningkatan kualitas pembelajaran ada 3 syarat yang harus dipenuhi pada perancangan, antara lain :
1.      Sederhana, sistem sederhana, instruksi mudah diikuti, panel yang disediakan mudah dikenali, menu dengan navigasi yang mudah diikuti dapat menjadikan waktu belajar lebih efisien.
2.      Personal, pengajar / dosen interaksi dosen dan mahasiswa dibangun secara baik layaknya berkomunikasi di depan kelas. Pendekatan interaksi yang lebih personal, peserta didik diperhatikan kemajuannya serta dibantu segala persoalan yang dihadapi.
3.     Cepat, layanan yang ditunjang dengan kecepatan, respon yang cepat terhadap kebutuhan peserta didik. E-learning dibangun dengan tetap memperhatikan prinsip pembelajaran konvensional hanya materi dipindahkan ke dalam sistem digital melalui internet. Dalam penyusunan materi harus tetap memperharikan unsur-unsur pembelajaran seperti perumusan tujuan harus operasional dan dapat diukur, ada apersepsi atau pre-test, membangkitkan motivasi, menggunakan bahasa yang komunikatif, uraian materi yang jelas, contoh-contoh konkrit, problem solving, Tanya jawab, diskusi, post test sampai penugasan dan kegiatan 6 tindak lanjutnya. Oleh karena itu merancang e-learning perlu melibatkan pihak terkait, anatar lain: pengajar, ahli materi, ahli komunikasi, programmer, seniman dan lain-lain.
Sistem e-learning ini terdapat tiga tingkatan user yaitu mahasiswa, dosen dan administrator. Berikut adalah implementasi program untuk ketiga tingkatan user atau halaman yang dapat diakses oleh masing-masing user.

Halaman Index dan Halaman Mahasiswa

Halaman Beranda Mahasiswa

Halaman Materi

Halaman  Soal Ujian untuk Setiap Bab Materi


Halaman Edit Profil Mahasiswa

Halaman Dosen

Halaman Daftar Materi

Halaman Upload Soal Tugas

Halaman Beranda Administor


2.4    Realisasi e-Learning di Universitas Brawijaya Kampus IV
e-Learning harus segera terealisasikan di Universitas Brawijaya Kampus IV supaya suatu metodologi instruksional dapat memberikan dukungan pada peningkatan kualitas belajar mahasiswa agar tidak lagi tergantung oleh kebutuhan ruang, waktu serta kebutuhan lain yang ditemukan pada proses pendidikan formal yang berlaku selama ini. Metode ini akan dijadikan proses belajar mengajar yang dirancang dengan menggunakan berbagai macam teknologi, untuk menjangkau mahasiswa yang berada di lain tempat dan dirancang untuk mendorong terjadinya interaksi dari mahasiswa dengan berbekal bahasa pemrograman PHP dan MySQL bagi perancang sistem e-learningnya.

2.5    Manfaat dari e-Learning berbasis PHP dan MySQL bagi mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV
Dengan adanya e-learning di Universitas Brawijaya Kampus IV para dosen/instruktur akan lebih mudah :
1.      Melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
2.      Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
3.      Mengontrol kegiatan belajar mahasiswa.

Bila dibandingkan pembelajaran atau pelatihan dengan cara konvensional, e-learning mempunyai manfaat yang cukup signifikan terhadap mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV, antara lain :
a.       Ekonomis
E-learning dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan karena untuk memberikan bahan ajar kepada mahasiswa dalam jumlah besar, institusi / Perguruan Tinggi tidak perlu mengeluarkan biaya kelas, biaya transportasi dan berbagai biaya lain. Namun diperlukan pengelola pelatihan yang matang, karena manajemen e-learning yang tidak tepat dapat  membuat biaya pelatihan justru semakin membengkak.
a.       Fleksibilitas tinggi
Mahasiswa dapat belajar kapan dan dimana saja, dengan kecepatan pembelajaran sesuai dengan kemampuannya.
b.      Personalisasi
Mahasiswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan belajar mereka. Bila belum mengerti dapat memperlambat penjelasan atau mengulang suatu materi dan sebaliknya jika mahasiswa dapat mengerti dengan cepat, maka dapat menyelesaikan mata kuliah tersebut dengan cepat.
c.       Standarisasi kualitas pelatihan
Pembelajaran setiap dosen / instruktur cenderung memiliki cara mengajar, materi presentasi dan penguasaan materi yang berbeda sehingga kualitas pengajaran yang didapatpun tidak konsisten, akan tetapi E-learning mampu meminimalkan perbedaan cara mengajar dan materi sehingga memberikan standar kualitas pembelajaran yang lebih konsisten.
d.      Efektivitas
E-learning dengan instruksional design mutakhir membuat mahasiswa lebih mudah mengerti isi pelajaran. Efektivitas bahan ajar melalui metode e-learning umumnya meningkat. Suatu studi oleh J.D. Flecher menunjukkan bahwa tingkat resistensi dan aplikasi pelajaran melalui metode e-learning meningkat 25% dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan cara konvensional.
e.       Kecepatan distribusi materi akan meningkat
Karena materi tersebut dapat dengan cepat diakses melalui internet. Keuntungan ini sangat cocok untuk kondisi geografis Indonesia, khususnya di Universitas Brawijaya Kampus IV.
                   g.     Ketersediaan On-Demand
                          E-learning dapat sewaktu-waktu diakses sehingga dapat membantu pekerjaan setiap saat.
h.        Otomatisasi Proses Animasi
LMS (Learning Management System) berfungsi untuk menyimpan data – data mahasiswa, pelajaran dan proses pembelajaran yang berlangsung. Dengan LMS yang baik dapat menyimpan dan membuat laporan kegiatan belajar mahasiswa dari pelajaran yang diambil, tanggal akses, berapa persen pelajaran yang diselesaikan, berapa lama pelajaran diikuti, sampai berapa hasil tes akhir yang telah diambil.
2.6    Kelemahan penggunaan media belajar berbasis e-Learning
Walaupun e-learning banyak menawarkan keuntungan, dalam prakteknya memliki beberapa keterbatasan yang harus diwaspadai, antara lain:
a.       Budaya
Pemanfaatan e-learning membutuhkan budaya belajar mandiri dan kebiasaan untuk belajar. Sedangkan sebagian besar pelatihan di Indonesia motivasi belajar masih tergantung pada instruktur.
b.      Investasi
Walupun e-learning pada akhirnya dapat menghemat biaya pengajaran dan pelatihan, akan tetapi memerlukan investasi yang sangat besar pada tahap awalnya, sehingga jika tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan kerugian yang besar.
c.       Teknologi dan Infrastruktur
E-learning membutuhkan perangkat komputer jaringan yang handal dan teknologi yang tepat. Akan tetapi ketersediaan infrastruktur dan teknologi ini masih belum memadai bagi beberapa Perguruan Tinggi / Lembaga.
d.      Desain Materi
     Penyampaian materi melalui e-learning perlu dikemas dalam bentuk yang learnic-centric. Saat ini masih sangat sedikit instructional designer yang berpengalaman dalam membuat suatu paket pembelajaran e-learning yang memadai. Seringkali hambatan dan keterbatasan e-learning tersebut membuat impelementasi e-learning di Indonesia berjalan dengan sangat lamban. Walaupun terdapat keterbatasan dan hambatan di Indonesia, penerapan e-learning di dunia, termasuk di negara-negara tetangga terus melaju pesat. (Tri Wahyono. 2009:90). Para praktisi pengajaran dan pelatihan di dunia sudah tidak meragukan akan meledaknya  penggunaan e-learning di dunia pendidikan, mereka hanya tinggal menunggu waktunya.

2.7    Tanggapan dosen atau pihak terkait dengan perkembangan metode belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL
Sebagian besar dosen di Universitas Brawijaya Kampus IV mendukung adanya program belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL, mereka memfasilitasi program ini dengan menambah bandwith agar koneksi jaringan semakin lancar. Selain itu penggunaan media pembelajaran e-Learning berbasis PHP dan MySQL ini di rasakan sangat membantu dalam proses pemberian materi dan informasi kepada mahasiswanya. Para dosen atau pihak terkait mempunyai suatu harapan bahwa secepatnya e-Learning akan menjadi sarana sharing knowledge antara dosen dan mahasiswanya.

==================================================================
BAB III  PENUTUP

1.1  Simpulan
Simpulan dari uraian pembahasan di atas, bahwa aplikasi e-Learning sudah dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. E-Learning mempermudah penyampaian informasi dan materi tanpa ada batasan waktu dan tempat. Fasilitas yang ada pada aplikasi ini mempermudah aktivitas pembelajaran antara dosen dan mahasiswa di Universitas Brawijaya Kampus IV sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Dalam implementasinya E-learning bukan semata-mata hanya memindahkan sebuah pembelajaran pada media elektronika / internet, tetapi e-learning adalah proses pembelajaran yang dituangkan melalui teknologi internet. Agar pembelajaran menyenangkan dalam perancangannya harus sederhana, personal dan cepat. Komunikasi pembelajaran / pelatihan seperti layaknya pembelajaran konvensional.
Media pembelajaran secanggih apapun tidak akan bisa menggantikan peran dosen sehingga penanaman nilai-nilai dan sentuhan kepribadian perlu juga dilakukan. Dan disinilah tantangan bagi para mahasiswa supaya mampu memperkaya wawasan dan pemahaman teknologi informasi khusunya teknologi internet tanpa harus menghilangkan watak dan budaya bangsa yang luhur.
1.2  Saran
1.      Penggunaan sistem ini harus selalu dievaluasi dengan mengujicobakan pada kondisi nyata yang benar-benar memanfaatkan sistem ini untuk membantu kegiatan-kegiatan perkuliahan di Universitas Brawijaya Kampus IV.
2.      Sistem ini perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.
3.      Masih ada fasilitas yang bisa ditambahkan untuk membuat E-Learning tampak interaktif dan komunikatif. Sebagai contoh adalah fasilitas chat, forum, video conference dan mailing list.
DAFTAR RUJUKAN
Abdur, Karir. 2002 . Sistem E-Learning Berbasis Web Untuk Mendukung Kegiatan Perkuliahan. Institut Teknologi Bandung,
Michael, Agustinus. 2001.  E- Learning is Best Education for The Success IT. Amsterdam : Zeitung.
Peranginangin, Kasiman. 2006. Aplikasi WEB Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Andi.
Purbo, Onno W. 2002. Konferensi Video Melalui Internet. Yogyakarta:  Andi .
Soekrtawi, Haryono dn Libero. 2002. Reinventing Eduction .Los Angels : Remarsk Agency
Wahyono, Tri. 2009. Dengan E-Learning Book, Belajar Bisa di Mana Saja. Jawa Pos (Senin, 29 Desember 2009, hal 3)
URL :  2011.Fajar, Iman. http://www.mysql/imanfajar-mymymySQL.blogspot.com. [29  November 2013]
URL :  2010.Fuadi . Abdulloh. http://www.petere-pembelajaran-jarak-jauh/php/bahasa/php.net [ 27 November 2013]
URL :  2002.Vikri, Zukron. http://www.uidaho.edu/evo/distglan.html [ 27 November 2013]
URL :  Eko Budiarto, E-Learning, http://issuu.com/eliteraharja/docs/e-Leaarning [30 November 2013]
Yudhi Purwanto,. 2001. Pemrograman Web Dengan PHP. Jakarta : Elex Media Komputindo, Gramedia.


========================================================================
** SEMOGA BERMANFAAT **


















0 komentar:

Post a Comment